The Curious' Blog

Cuma sampah di Dunia Maya inih.. Kadang-kadang curhatan ga jelas.. Atau sedikit dokumentasi, sekedar pengingat sajah...

1:57 AM

Instalasi Opensolaris 08.11 Cara Saya (Geblek)

Posted by The Curious

Weekekeke.. Judul yang aneh.. Sekaligus mau bilang, kalo cara ini cara yang ga tau diakui keberadaannya atau tidak.. Wakakakak.. Jadi ceritanya begini sodara-sodara, kemaren saya baca di milis OSUG-ID, mengenai pertanyaan seputar panduan Instalasi Opensolaris 08.11. Well apa yang terjadi sodara2? Yang terjadi adalah jawaban goblok dari saya. Saya tidak akan bercerita mengenai kegoblokan saya, silakan cek link barusan.. Wekekekek (Ndak tega saya cerita aib sendiri). Okehh.. Berikut saya mau tulis tutorial singkat cara Instalasi Opensolaris 08.11. Singkat tapi semoga dapat membantu pemula lainnya, yang juga seperti saya saat menemui kesulitan menginstal Opensolaris untuk pertama kalinya.

Oke, saya membagi ada 3 tipe instalasi disini. Tipe pertama adalah, anda menginstal single OS, artinya tidak ada Operating System lainnya di dalam hard drive anda. Alias masih kosong, fresh, baru beli, baru nemu, atau baru maling dari lab komputer di kampus.. (Wekekekek.. curhat nih ye.. :p). Tipe kedua, anda melakukan dual booting antara XP dan Opensolaris. Dan tipe ketiga, anda dual boting antara Linux dan Opensolaris, atau multiboot dengan beberapa OS.

Untuk tipe pertama : saya rasa anda tidak akan menemui kesulitan saya rasa. Karena anda tinggal memboot Opensolaris dari CD, alias melakukan Booting Live CD. Sebelumnya anda harus mengecek 1st boot di BIOS anda, apakah 1st boot nya CD / DVD ROM atau Hard Drive. kalau 1st boot nya dari hard Drive, maka anda harus mengganti menjadi CD / DVD ROm. Oke setelah itu masukkan CD Opensolaris, dan anda tinggal menunggu proses running LIVE CD. Setelah itu anda akan memasuki modus teks (item putih), untu pemilihan keyboard, negara, dll. Untuk mudahnya gunakan saja settingan default. teken aja enter enter terus.. Wakakaka.. kalau sudah... Jejeng.. Anda akan masuk ke Destop Opensolaris. Lho.. Lho.. Lho.. jangan kaget yak.. Mungkin saja anda akan bertanya-tanya. Kok mirip Ubuntu, Debian, dan keluarganya?? Wekekeke.. Yap.. Opensolaris memang hampir mirip dengan keluarga Debian, secara Opensolaris make Gnome, terus developernya juga orang Debian lho.. Itu lho.. bapak Debian.. Wakakaka. Puantess, mirip bener... dan GUI nya bener2 mirip dah sama Debian family. Oke gak usah basa-basi lagi, langsung double klik tuh icon installer di desktop. Kalo udah akan memasuki modus instalasi. Yap, kek instal Wedu$ ja. Tinggal next next next. Wekekek. pas pemilihan partisian. Gunakan seluruh partisian hard drive anda untuk Opensolaris. Use this partition. Kan ini tipe pertama, yang single OS. Tipe lainnya nunggu yak di bawah ini.. Wekekeke.. kalo udah tingal next next next.. Jejeng.. Selesai dah.. gampang kan?? Wakakakakakaka

Untuk tipe kedua : Anda melakukan dual booting Windows XP dan Opensolaris. Okeh.. Hal pertama yang harus anda siapkan adalah sebuah tools pembagi partisian hard drive. Mmm.. kalo yang biasa make Wedu$, silakan cari Namanya Powerquest Partition Magic. Cumah, kalo saya biar gag ribet2, saya make live cd linux ajah.. make Live CD Ubuntu.. kan disitu ada tuh aplikasi Gparted. Sayah make Gparted itu kawan-kawan. Oke setelah masuk Live CD. Cari Gparted (System --> Administration). Setelah aplikasi Gparted terbuka, oke anda harus membagi partisian anda sekarang. Misalkan anda memili partisi C:, silakan di bagi partisian C: tersebut dengan menggeser ke kiri atau ke kanan. Pilih berapa GB yang akan anda alokasikan untuk Opensolaris. kalau saya 20 GB. Oke setelah di bagi, maka 20 GB yang baru kita bagi akan berwarna abu-abu alias unallocated space. Sok anda bisa langsung restart atau anda create new partition di bagian itu terlebih dahulu. kalau saya saya create partisian ke NTFS. Oke setelah itu reboot. Dan masukkan CD Opensolaris. Setlah masuk ke Desktop Opensolaris, sepeti tadi klik icon Installer di Desktop. Saat pemilihan partition Opensolaris, pilih NTFS 20 GB tadi use untuk Opensolaris. use this partition. Abis itu next next next. Selesai.. Wekekek.. gampang kan.. PERLU DI INGAT. PARTITION UNTUK OPENSOLARIS HARUS PRIMARY PARTITION.

Untuk tipe ketiga : dual boot atau multi boot, Opensolaris, Linux, dan Other OS. kalau yang ini, karena belom saya cona, maka saya akan berikan beberapa link tutorial rekomendasi. Saya ambil dari postingan saya di milis OSUG.. Wekekek..

1. Link 1

2. Link 2

3. Link 3

4. Link 4


Oke. Sekian dulu dari saya kawan. kalau ada yang perlu di tanyakan, silakan kontak saya melalui IM atau comment, atau Shoutbox.. Maap tulisannya gembel.. Namanya juga tutorial geblek ala saya.. Wakakakakakak

Happy hacking..

5 comments:

aye05 said...

hehe. itu biasa git, gw juga sering jawab seperti itu karena menganggap pertanyaan agak lebih di atas tapi ternyata terlalu enteng (di bawah). hehehehe,
padahal tinggal pake om google segala pertanyaan hampir terjawab semua. aduh

The Curious said...

Ahahahaha.. Gw jawab tuh pertanyaan di pagi hari abis shubuh, ketika gw abis begadang belon tidur hampri 24 jam. Gara2 itu keknya jawaban gw jadi ngaco.. Wakakaka.. Sumpah gw malu abis.. Wakakaka..

Anonymous said...

@aye05
Bukan masalah susah atau enteng nya pertanyaan dijawab mas, tapi sejauh mana di penjawab mengerti benar apa point yang ditanyakan, so kalau bisa dibantu ya dibantu, masalah om google tergantung orangnya...

Peace..

Anonymous said...

jadi intinya open office = open solaris ?? :D ....


tak e easy ...

Anonymous said...

Makin pingin nih coba OpenSolaris :)

Salam Kenal :)