The Curious' Blog

Cuma sampah di Dunia Maya inih.. Kadang-kadang curhatan ga jelas.. Atau sedikit dokumentasi, sekedar pengingat sajah...

3:20 AM

Tanpa Komunitas, Aku Hanya Seonggok Sampah

Posted by The Curious

Sadap.. Itulah kata yang pertama kali terlontar dalam otakku.. Keren banget gitu lohh judulnya.. Wekekekekek... yapz.. Biasanya nyeleneh, sekarang rada serius.. Widih... Efek Mo UAS nih, nyambung di blog.. Wekekekekek.. dak.. NDak.. Saya hanya ingin sharing pengalaman ajah dengan temen2 semua mengenai kehidupan sayah.. Wadaww,,, Gaswat nih bahasanya.. Wekekekeke..

Yap, benar kata si judul, tanpa komunitas, saya hanyalah seonggok sampah.. Well, analogi nya terkesan agak kasar. sarkasme kali yah.. (Eh lu dulu bahasa Indonesia dapet 6 aja belagu.. :D). Apa maksud judul saya di atas (Lho?? kok jadi elu yang nanya git?? Wakakakak) . Saya sadar sepenuhnya, bahwa, kemampuan saya masih sangatlah minim. Di bawah garis rata-rata mungkin. Jadi untuk memperluas pengetahuan saya, saya memutuskan untuk join dan aktif di berbagai komunitas. Mungkin saya akan sedikit flash back ke belakang mengenai sejarah saya bergabung dan ikut di komunitas.

Dulu, waktu SMA, kelas 1, di kelas saya, ada seorang teman yang membawa majalah Komputek. Majalah IT yang sangat populer di waktu itu. Saya sangat tertarik,saya dan bersama teman-teman yang lainnya membaca. Bagian yang pertama kali menarik perhatian saya adalah di saat kategori Underground. (Widih, serem nih...) Bahasannya kalo gak salah DoS. (Jah, rada lupa nih gw.. :D). Semenjak membaca koran itu saya tertarik dengan dunia IT, khusunya security. Kalo pas jaman saya SMA dolo, cita-cita saya pengen jadi heker.. SAyang, sampe sekarang blom kesampean.. :D. Tiap minggu, saya beli itu koran Komputek. Hingga tiba pada suatu hari, ada seminar Wireless. Kalo ga salah Basic Wireless Networking, dan Wireless Security.. Wiihh senengnya minta ampun.. Walaupun saat itu biaya semianar masih mahal buat kantong anak SMA, saya bela-belain sama temen-temen dateng ke sebuah STMIK di Bekasi. Pengen daftar nih.. Ucluk.. Ucluk.. Ucluk.. Masuk ke Front Office nya, nanya.. "Mbak, saya mau daftar seminar Wireless, masih bisa gak mbak?". Sang Mbak mbak menjawab dengan nada setengah kecewa.. "Waduh, sayang sekali dik (pakek baju ama celana SMA waktu ituh, belon pulang ke rumah), tiketnya sudah habis, tempatnya sudah full soalnya."Akhirnya dengan berat hati saya beranjak pergi, namun sebelum pergi, ada laki-laki yang cukup ramah datang menghampiri saya.

Laki-laki ramah: "Dik, mau daftar seminar yah?"
Laki-laki ganteng (saya maksudnya.. Wakakakak) : Iyah pak
Laki-laki ramah:"Adik dari mana?"
Laki-laki ganteng:"Saya dari SMA 1 pak"
Laki-laki ramah:"Oo.. UDah kehabisan tempat? Ga bisa masuk?"
Laki-laki ganteng:"Iya nih pak, padahal saya pengen banget ikutan."
Laki-laki ramah:"Oo.. Ya udah besok dateng aja pagi-pagi sebelum acara, nanti kamu boleh deh ikut masuk.. Ga usah bayar, entar biar saya yang ngomong."
Laki-laki ganteng:"Waaahh.. Makasih banya pak.. Makasih..."
Laki-laki ramah:"Iya sama. sama."

Belakangan saya ketahui, beliau adalah salah satu anggota dari komunitas Underground. Echo. Semenjak saat itu, saya getol banget yang namanya ikut seminar hacking dan security, dan dimana2 pasti selalu ketemu sama laki-laki ramah itu. Saya memanggil beliau Om Hero.. Yap, awal perkenalan dengan beliau dimulai dari ketidak sengajaan, namun sampai sekarang, saya masih berhubungan baik. Kenal banyak dengan teman-teman underground, dan yang jelas, makin banyak pengalaman, pengetahuan, dan jelas, teman-teman yang sangat hebat. bagiku, semua itu tidak ternilai harganya..

Saat say masuk kuliah, saya berkenalan dengan senior-senior saya yang juga merupakan aktivis KPLI Jakarta. Semenjak saat itupun aku getol ikutan ngoprek di KPLI Jakarta. Aktif disana, bahkan sampai saat ini aku di angkat menjadi ketua KPLI Jakarta. Aku beruntung sekali, punya senior yang aktif di komunitas.

Semester 5 ini, di awali keisengan aku saat mencari articles Web Service, saya menemukan sebuah blog. Blog Mas Alex Budiyanto. Beliau adalah Sun Community Development Officer. Saya emlihat ada salah satu article yang menginformasikan Agenda OSUG-ID meeting bulanan. Pada hari itu juga lah di adakan OSUG ID Meeting. Mulai jam 18.30, padahal saat membaca article itu saya masih ada di lab kampus dan jam menunjukkan pukul 17.30. tapi saya daftar, dan di approve. Berangkatlah saya beserta teman saya berdua menuju Sun Microsystem Office di Wisma Metropolitan. FYI, saya tertarik dengan Open Solaris karena ZFS dan Clustering nya. ZFS di claim sebagai File System terbaik abad ini.. wiiiw, mantaf...

Setelah sampai disana, ikut pertemuan bulanan, akhirnya sebelum pulang, Mas Alex memperenalkan OSUM. OSUM adalah Open Source University Meetup, sebuah portal community untuk para mahasiswa di seluruh dunia untuk bergabung, dan sharing mengenai sun Tecnology di OSUM. OSUM ini mirip sekali dengan Friendster dan facebook. Kita mempunyai blog sendiri, application sendiri, bisa menulis di wall orang lain, dll. Akhirnya di pertemuan itu, saya di daulat sebagai OSUM Leader dari UAI. Ya karena yang dari UAI cuma kita berdua. Wakakakakaka.. Akhirnya sejak saat itu pun kehidupan juga mulai berubah.. Fyuhh, aku merasakan sekali manfaat komunitas dalam hidupku.

Last, but not least, aku menyarankan buat teman-teman semua, janganlah hanya bergantung dan sibuk pada kuliah kalian saja, karena banyak hal, pengalaman, dan pengetahuan yang tidak akan kalian dapatkan di kampus, jika kalian bergabung dengan komunitas. Pengetahuan akan bertambah, teman akan bertambah, tidak ada ruginya kan?? Sebaiknya anda pikirkan ulang, apakah anda sudah benar-benar yakin bisa melangkah ke depan hanya dengan bermodalkan selembar ijazah dari Universitas??? (eh selembar kan yak?? Wakakakakaka)

2 comments:

de groene ster said...

hmmm... tanpa komunitas ga bisa apa2?? ga setuju ah!

tapi ya.. komunitas macem organisasi itu emang penting. lebih ke arah social skill jadi lebih gampang berinteraksi sama orang..

btw, edit dulu knapa sebelum ngepost gimana sih lo! eh.. gimana sih kamu! eh.. gimana sih anda!! wakakaka...

The Curious said...

Heheheh.. Yah.. kalo kata gw kan begitu.. soalnya liah gw blee.. Ahahahahahaha